About

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                 :  SMP
Mata Pelajaran      :  Matematika
Kelas / Semester    :  IX / 1
Materi Pokok        : Statistika
Waktu                   : 2 x 40 menit

A.    Standar Kompetensi
      Melakukan pengolahan dan penyajian data.

B.     Kompetensi Dasar
3.1 Menetukan rata-rata, mean, dan modus data tunggal serta penafsirannya.
3.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis dan lingkaran.

C.    Indikator
1.      Menyajikan data dalam bentuk diagram batang dari sebuah tabel.
2.      Menyajikan data dalam bentuk diagram garis dari sebuah tabel.
3.      Menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran dari sebuah tabel.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram batang dari sebuah tabel.
2.      Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram garis dari sebuah tabel.
3.      Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran dari sebuah tabel.

E.     Topik Pembelajaran
1.      Diagram batang
2.      Diagram garis
3.      Diagram lingkaran

F.     Model Pembelajaran
Pembelajaran Berbasis Masalah

G.    Metode Pembelajaran
Ekspositori , tanya jawab, diskusi, penugasan

H.    Langkah – Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1)      Membuka pelajaran dengan salam, berdo’a, dan mengecek kehadiran peserta didik
2)      Membahas PR yang dianggap sulit
3)      Memberi motivasi tentang pentingnya mempelajari materi ini
4)      Menyampaikan tujuan pembelajaran / indikator (Fase 1: orientasi siswa pada masalah)
5)      Mengulang kembali tentang pembahasan sebelumnya
2.      Kegiatan Inti (70 menit)
a.       Eksplorasi
1)   Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam tabel (Fase 2: Mengorganisasikan siswa untuk belajar)
2)   Memfasilitasi terjadinya interaksi peserta didik dalam pembelajaran yaitu dengan adanya tanya jawab antara peserta didik dan guru
b.      Elaborasi
1)      Memberikan contoh untuk latihan
2)      Memberikan masalah berupa sejumlah soal – soal (Fase 3: membimbing pengalaman individu/kelompok)
3)      Secara berpasangan dengan teman sebelahnya, peserta didik menyelesaikan soal – soal  tersebut.
4)      Beberapa peserta didik mewakili pasangan diminta untuk mengutarakan hasil diskusi tersebut, pasangan lain menanggapi dan guru sebagai fasilitator (Fase 4: mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
5)      Memberikan penjelasan secukupnya terhadap jawaban / keterangan peserta didik yang kurang lengkap.
6)      Mengevaluasi pekerjaan siswa atas soal-soal yang telah dikerjakan, agar siswa benar-benar paham. (Fase 5: menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah)

c.       Konfirmasi
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan (berupa penghargaan lisan)
2.      Memotivasi peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif
3.      Kegiatan Penutup (5 menit)
1)      Guru membimbing peserta didik membuat rangkuman
2)      Peserta didik diberi PR (tugas)
3)  Menutup dengan ber’doa

IUraian Materi
Diagram Batang
Diagram batang adalah diagram yang menyajikan data dalam bentuk persegi panjang tegak ataupun persegi panjang mendatar. Tebal batang-batang persegi panjang dan jarak batang-batang yang berdekatan harus sama. Penyajian data dengan cara ini sangat disukai oleh banyak orang, terutama pengusaha. Hal ini disebabkan diagram batang mudah dibuat, dan kesimpulannya dapat diperoleh dengan cepat.
Contoh :
Berikut ini adalah data penjualan 6 jenis mobil dari suatu perusahaan pada kurun waktu 2000-2005.

Mobil
I
II
III
IV
V
VI
Penjualan
18
26
15
36
50
8

Buatlah diagram batang dari data di atas.
Jawab:

Diagram Garis
Diagram garis adalah diagram yang menyajikan data dalam bentuk garis, dimana garis itu diperoleh dari beberapa ruas garis yang menghubungkan titik-titik pada bidang bilangan. Diagram garis sangat baik sekali jika dipakai untuk melihat perkembangan data dari suatu waktu ke waktu berikutnya.
Contoh :
Buatlah diagram garis dari data di bawah ini.
Tanggal
8 Nov 04
9 Nov 04
10 Nov 04
11 Nov 04
12 Nov 04
Kurs Jual
9.082
9.029
9.075
9.110
9.096
Kurs Beli
8.992
8.939
8.985
9.020
9.006

Jawab:



Diagram lingkaran
Diagram lingkaran adalah diagram yang menyajikan data dengan menggunakan lingkaran yang dibagi-bagi menjadi juring-juring lingkaran sesuai dengan presentase setiap bagian dari data keseluruhan.
Contoh :
Berikut ini adalah data penjualan 6 jenis mobil dari suatu perusahaan pada kurun waktu 2000-2005.
Mobil
I
II
III
IV
V
VI
Penjualan
18
26
15
36
50
8

Buatlah diagram lingkaran dari data di atas.
Jawab:
Untuk dapat menggambarkan diagram lingkaran, terlebih dahulu tentukan besar sudut masing-masing juring yang mewakili masing-masing jenis mobil (jumlah penjualan: 18 + 26 + 15 + 36 + 50 + 8 = 153 buah).
Mobil jenis I     :
Mobil jenis II    :
Mobil jenis III :
Mobil jenis IV  :
Mobil jenis V    :
Mobil jenis VI  :
JSumber Belajar
Modul Matematika SMP Kelas IX

K.  Media Pembelajaran
1. Laptop
2. Modul matematika

L.   Penilaian
Peneliaian meliputi penilaian proses dan hasil meliputi aspek konitif dan afektif
Penilain proses
1.      Jenis:
Tugas individu
2.      Bentuk instrument:
Tes tertulis
SOAL
Membuat diagram batang dari tabel
NILAI
41 - 50
5
51 - 60
7
61 - 70
11
71 - 80
8
81 - 90
6
91 - 100
3
Jumlah
40

Perhitungan nilai akhir dalam sekala 0 s/d 100
Nilai akhir =

Tindak lanjut:
a.       Peserta didik dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 70% atau lebih
b.      Memberikan program remidi untuk peserta didik yang tingkat pencapaiannya kurang dari 70%
c.       Memberikan program pengayaan untuk peserta didik yang tingkat pencapaiannya lebih dari 70%

Semarang ,17 September  2012
                                                                                               Praktikan




                                                                                              Mahasiswa

0 komentar:

Posting Komentar