RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : IX
/ 1
Materi Pokok : Statistika
Waktu :
2 x
40 menit
A.
Standar Kompetensi
Melakukan pengolahan dan penyajian data.
B.
Kompetensi Dasar
3.1 Menetukan
rata-rata, mean, dan modus data tunggal serta penafsirannya.
3.2
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis dan lingkaran.
C.
Indikator
1.
Menyajikan
data dalam bentuk diagram batang dari sebuah tabel.
2.
Menyajikan
data dalam bentuk diagram garis dari sebuah tabel.
3.
Menyajikan
data dalam bentuk diagram lingkaran dari sebuah tabel.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat
menyajikan data dalam bentuk diagram batang dari sebuah tabel.
2.
Siswa dapat
menyajikan data dalam bentuk diagram garis dari sebuah tabel.
3.
Siswa dapat
menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran dari sebuah tabel.
E.
Topik Pembelajaran
1.
Diagram
batang
2.
Diagram garis
3.
Diagram
lingkaran
F.
Model Pembelajaran
Pembelajaran Berbasis
Masalah
G.
Metode Pembelajaran
Ekspositori , tanya jawab,
diskusi, penugasan
H.
Langkah – Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
1)
Membuka pelajaran dengan salam,
berdo’a, dan mengecek kehadiran peserta didik
2)
Membahas PR yang dianggap sulit
3)
Memberi motivasi tentang pentingnya mempelajari materi
ini
4)
Menyampaikan tujuan pembelajaran / indikator (Fase 1: orientasi siswa pada
masalah)
5)
Mengulang
kembali tentang pembahasan sebelumnya
2.
Kegiatan Inti (70 menit)
a.
Eksplorasi
1)
Mengidentifikasi
data-data yang dinyatakan dalam tabel (Fase 2: Mengorganisasikan siswa untuk
belajar)
2)
Memfasilitasi
terjadinya interaksi peserta didik dalam pembelajaran yaitu dengan adanya tanya
jawab antara peserta didik dan guru
b.
Elaborasi
1)
Memberikan contoh untuk latihan
2)
Memberikan masalah berupa
sejumlah soal – soal (Fase 3: membimbing pengalaman individu/kelompok)
3)
Secara berpasangan dengan teman
sebelahnya, peserta didik menyelesaikan soal – soal tersebut.
4)
Beberapa peserta didik mewakili
pasangan diminta untuk mengutarakan hasil diskusi tersebut, pasangan lain
menanggapi dan guru sebagai fasilitator (Fase 4: mengembangkan
dan menyajikan hasil karya)
5)
Memberikan penjelasan
secukupnya terhadap jawaban / keterangan peserta didik yang kurang lengkap.
6)
Mengevaluasi pekerjaan siswa atas soal-soal yang telah dikerjakan, agar siswa
benar-benar paham. (Fase 5: menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah)
c.
Konfirmasi
1.
Memberikan
umpan balik positif dan penguatan (berupa penghargaan lisan)
2.
Memotivasi
peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif
3.
Kegiatan Penutup (5 menit)
1)
Guru membimbing peserta didik
membuat rangkuman
2)
Peserta
didik diberi PR (tugas)
3) Menutup dengan ber’doa
I. Uraian Materi
Diagram Batang
Diagram batang adalah diagram yang
menyajikan data dalam bentuk persegi panjang tegak ataupun persegi panjang
mendatar. Tebal batang-batang persegi panjang dan jarak batang-batang yang
berdekatan harus sama. Penyajian data dengan cara ini sangat disukai oleh
banyak orang, terutama pengusaha. Hal ini disebabkan diagram batang mudah
dibuat, dan kesimpulannya dapat diperoleh dengan cepat.
Contoh :
Berikut ini
adalah data penjualan 6 jenis mobil dari suatu perusahaan pada kurun waktu
2000-2005.
Mobil
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
Penjualan
|
18
|
26
|
15
|
36
|
50
|
8
|
Buatlah diagram batang dari data di
atas.
Jawab:
Diagram Garis
Diagram garis adalah diagram yang
menyajikan data dalam bentuk garis, dimana garis itu diperoleh dari beberapa
ruas garis yang menghubungkan titik-titik pada bidang bilangan. Diagram garis
sangat baik sekali jika dipakai untuk melihat perkembangan data dari suatu waktu
ke waktu berikutnya.
Contoh
:
Buatlah
diagram garis dari data di bawah ini.
Tanggal
|
8 Nov 04
|
9 Nov 04
|
10 Nov 04
|
11 Nov 04
|
12 Nov 04
|
Kurs Jual
|
9.082
|
9.029
|
9.075
|
9.110
|
9.096
|
Kurs Beli
|
8.992
|
8.939
|
8.985
|
9.020
|
9.006
|
Jawab:
Diagram lingkaran
Diagram lingkaran adalah diagram yang
menyajikan data dengan menggunakan lingkaran yang dibagi-bagi menjadi
juring-juring lingkaran sesuai dengan presentase setiap bagian dari data
keseluruhan.
Contoh :
Berikut ini
adalah data penjualan 6 jenis mobil dari suatu perusahaan pada kurun waktu
2000-2005.
Mobil
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
Penjualan
|
18
|
26
|
15
|
36
|
50
|
8
|
Buatlah diagram lingkaran dari data di atas.
Jawab:
Untuk dapat menggambarkan diagram lingkaran, terlebih dahulu
tentukan besar sudut masing-masing juring yang mewakili masing-masing jenis
mobil (jumlah penjualan: 18 + 26 + 15 + 36 + 50 + 8 = 153 buah).
Mobil jenis I :
Mobil jenis II :
Mobil jenis III :
Mobil jenis IV :
Mobil jenis V :
Mobil jenis VI :
J. Sumber Belajar
Modul Matematika SMP Kelas
IX
K. Media Pembelajaran
1. Laptop
2. Modul matematika
L. Penilaian
Peneliaian meliputi penilaian proses
dan hasil meliputi aspek konitif dan afektif
Penilain
proses
1.
Jenis:
Tugas individu
2.
Bentuk instrument:
Tes
tertulis
SOAL
Membuat diagram batang dari tabel
NILAI
|
|
41
- 50
|
5
|
51
- 60
|
7
|
61
- 70
|
11
|
71
- 80
|
8
|
81
- 90
|
6
|
91
- 100
|
3
|
Jumlah
|
40
|
Perhitungan nilai akhir dalam sekala 0 s/d
100
Nilai akhir =
Tindak lanjut:
a.
Peserta didik
dinyatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 70% atau lebih
b.
Memberikan
program remidi untuk peserta didik yang tingkat pencapaiannya kurang dari 70%
c.
Memberikan
program pengayaan untuk peserta didik yang tingkat pencapaiannya lebih dari 70%
Semarang ,17 September 2012
Praktikan
Mahasiswa
0 komentar:
Posting Komentar